Pengertian Dan Fungsi Run As Administrator


Menurut Wikipedia, Administrator adalah orang atau orang-orang yang bertugas untuk mengurusi hal-hal administrasi. Dalam dunia Internet, seorang administrator bertugas untuk mengelola hal-hal yang berhubungan dengan komputer. Jadi, fungsi Administrator pada komputer itu sama halnya pada sebuah kantor, adalah hak akses tertentu yang diberikan untuk mengakses fitur penting atau utama pada sebuah sistem operasi. Arti lainnya adalah tingkatan tertinggi dalam sebuah sistem.

Di Windows Vista sampai versi Windows saat ini, terdapat sebuah fitur keamanan yang membuat sebuah program terbatasi aktivitasnya agar tidak bisa mengubah sistem. Hal ini membuat sebuah program harus dijalankan dalam “mode administrator” melalui perintah “Run as Administrator” agar progran tersebut bisa mengubah settingan sistem. Teknologi keamanan ini disebut Microsoft sebagai User Account Control (UAC).

Pengertian Run As Administrator

Run as Administrator layaknya sebuah surat kuasa atau surat ijin dari Anda sebagai administrator untuk mengijinkan sebuah program yang ingin mengubah sistem di OS Windows. Jadi, jika Anda memilih untuk menjalankan program Run as Administrator itu berarti Anda mengijinkan program tersebut untuk mengakses full menu dan fitur yang pada sistem operasi Windows Anda.

Namun perlu Anda diperhatikan, tidak semua program yang ingin berusaha mengubah sistem. Sehingga tidak semua program yang harus dijalankan melalui perintah “Run As Administrator”. Pastikan juga Anda hanya menjalankan “Run As Administrator” pada program yang terpercaya saja dan yang tidak berusaha merusak atau mengacaukan seluruh sistem.


Cara Menjalankan Program Dalam Mode administrator Sementara

Mode administrator sementara disini artinya program akan berjalan secara administrator hingga sampai Anda menutup program tersebut. Ada 2 cara menjalankan program dalam mode administrator sementara :

Cara 1 :

- Tekan dan tahan tombol Ctrl + Shift saat membuka program.
- Jika muncul window User Account Control (UAC) tekan Yes.

Cara 2 :

- Klik kanan pada program ataupun bisa juga pada shortcut program, Pilih menu Run As administrator
Pilih Run As Administrator
- Jika muncul window User Account Control (UAC) tekan Yes.


Cara Menjalankan Program Dalam Mode administrator Permanen

Mode administrator permanen disini artinya program akan selalu berjalan secara administrator setiap kali Anda membuka program tersebut. Caranya :

- Klik kanan pada program ataupun bisa juga pada shortcut program, lalu pilih Properties.
Pilih Properties
- Pilih tab Compatibility, beri centang Run this program as an administrator. Lalu klik OK.
Centang Run This Program As An Administrator





Sekian artikel tentang Pengertian Dan Fungsi Run As Administrator. Semoga bermanfaat :)

"Setiap teknologi memiliki resiko yang dapat menghancurkan kehidupan. Tapi kita juga memerlukan teknologi tersebut untuk membangun kehidupan yang lebih baik."

Related Posts

Previous
Next Post »
Load comments

Ketentuan Komentar !!!
------------------------------
1. Komentar sesuai dengan artikel di atas
2. Komentar SPAM otomatis di blokir dan tidak akan dimunculkan
3. Komentar meninggalkan link aktif otomatis terhapus
4. Berkomentar dengan etika

Terima kasih atas komentarnya, semoga postingan di atas bermanfaat :)