Pengenalan Pemrograman Bahasa C

Ada banyak sekali bahasa pemrograman di dunia ini, mulai dari C, PHP, JAVA, RUBY, dan salah satu bahasa pemrograman tertua dan sampai sekarang masih tetap dipakai adalah pemrograman C.

Setiap programmer dituntut agar bisa mempelajari banyak bahasa pemrograman, namun agar lebih fokus mendalami satu bahasa pemrograman saja tidak apa-apa. Karena pada dasarnya, jika sudah ahli satu bahasa maka dia akan lebih mudah untuk memahami bahasa yang lain.

Untuk pemula, saya sarankan untuk belajar pemrogaman bahasa C terlebih dahulu. Karena menurut saya, bahasa C mudah untuk dipahami dan bahasa C sebagai pondasi pemrogaman kebanyakan orang.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba memaparkan secara detail apa itu bahasa pemrograman C. Namun, sebelum kita melangkah lebh jauh, ada baiknya Anda harus mengetahui Hal Hal Yang Harus Dipahami Sebelum Belajar Bahasa Pemrograman.
.

Pengenalan Pemrogaman Bahasa C


Sejarah Bahasa C

Sejarah itu penting seperti kata pepatah "pengalaman adalah tempat belajar segala kebutuhan hidup. Dan sejarah adalah tempat belajar keinginan dari kehidupan". Jadi, tidak ada salahnya Anda tahu sejarah awal mula bahasa C diciptakan.

Akar dari bahasa C adalah bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richards pada tahun 1967.  BCPL memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut dengan B pada tahun 1970. Selanjutnya dari bahasa B ke bahasa C oleh Dennis Ritchie sekitar tahun 1970an di Bell Telephone Laboratories Inc. (sekarang adalah AT&T Bell Laboratories).

Bahasa C pertama kali digunakan pada komputer Digital Equipment Corporation PDP11 yang menggunakan sistem operasi UNIX. C adalah bahasa yang standar, artinya suatu program yang ditulis dengan versi bahasa C tertentu akan dapat dikompilasi dengan versi bahasa C yang lain dengan sedikit modifikasi.

Standar bahasa C yang asli adalah standar dari UNIX. Patokan dari standar UNIX ini diambilkan dari buku yang ditulis oleh Brian Kerninghan dan Dennis Ritchie berjudul "The C Programming Language", diterbitkan oleh Prentice Hall tahun 1978.

Deskripsi C dari Kerninghan dan Ritchie ini kemudian dikenal secara umum sebagai "K&R C". Kepopuleran bahasa C membuat muncul banyak varian dari kompiler C, sehingga dilakukan standarisasi bahasa oleh ANSI (American National Standards Institute) dengan membentuk suatu komite (ANSI committee X3J11) pada tahun 1983 yang kemudian menetapkan standar ANSI untuk bahasa C.

Standar ANSI menetapkan sebanyak 32 buah katakata kunci (keywords). C yang mengadopsi standar dari ANSI dikenal dengan nama ANSI C.


Ruang Lingkup Bahasa C

Banyak pemrograman yang dibuat dengan bahasa C seperti assembler, interpreter, program paket, sistem operasi, editor, kompiler, program bantu, Word Star, Dbase, aplikasi untuk bisnis, matematika, dan game, bahkan ada pula yang menerapkannya untuk kecerdasan buatan.

Dalam beberapa literatur bahasa C digolongkan sebagai bahasa tingkat menengah. Pada kenyataannya bahasa C mengkombinasikan kelebihan dari bahasa tingkat tinggi dan bahasa tingkat rendah.

Kemudahan dalam membuat program yang ditawarkan pada bahasa tingkat tinggi dan kecepatan eksekusi dari bahasa tingkat rendah merupakan tujuan diwujudkannya bahasa C.


Proses Kompilasi dan Linking Program C

Proses dari bentuk source program, yaitu program yang ditulis dalam bahasa C hingga menjadi program yang executable ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Proses Kompilasi-Linking dari program C 

Struktur Penulisan Program C

Program C pada hakekatnya tersusun atas sejumlah blok fungsi, dan sebuah program minimal mengandung sebuah fungsi. Fungsi pertama yang harus ada dalam program C dan sudah ditentukan namanya adalah main().

Setiap fungsi terdiri atas satu atau beberapa pernyataan, yang secara keseluruhan dimaksudkan untuk melaksanakan tugas khusus. Bagian pernyataan fungsi (sering disebut tubuh fungsi) diawali dengan tanda kurung kurawal buka ({) dan diakhiri dengan tanda kurung kurawal tutup (}) yang mengisyaratkan awal dan akhir definisi fungsi.

Di antara kurung kurawal itu dapat dituliskan statemen statemen program C. Berikut ini adalah struktur dari program C.Namun pada kenyataannya, suatu fungsi bisa saja tidak mengandung pernyataan sama sekali. Walaupun fungsi tidak memiliki pernyataan, kurung kurawal haruslah tetap ada. Sebab kurung kurawal mengisyaratkan awal dan akhir definisi fungsi. Berikut ini adalah struktur dari program C.
#include <stdio.h>
main(){
statemen-statemen;      //fungsi utama
}

fungsi_fungsi_lain(){
statemen-statemen;      //user defined function
}
Bahasa C dikatakan sebagai bahasa pemrograman terstruktur karena strukturnya menggunakan fungsi fungsi sebagai program bagiannya (subroutine). Fungsi fungsi yang ada selain fungsi utama (main()) merupakan program program bagian. Fungsi fungsi ini dapat ditulis setelah fungsi utama atau diletakkan di file pustaka (library).

Jika fungsi fungsi diletakkan di file pustaka dan akan dipakai di suatu program, maka nama file judulnya (header file) harus dilibatkan dalam program yang menggunakannya dengan preprocessor directive berupa #include.

Pengenalan Fungsi-Fungsi Dasar

a. Fungsi main()

Fungsi main() harus ada pada program, sebab fungsi inilah yang menjadi titik awal dan titik akhir eksekusi program. Tanda { di awal fungsi menyatakan awal tubuh fungsi dan sekaligus awal eksekusi program, sedangkan tanda } di akhir fungsi merupakan akhir tubuh fungsi dan sekaligus adalah akhir eksekusi program. Jika program terdiri atas lebih dari satu fungsi, fungsi main() biasa ditempatkan pada posisi yang paling atas dalam pendefinisian fungsi. Hal ini hanya merupakan kebiasaan. Tujuannya untuk memudahkan pencarian terhadap program utama bagi pemrogram. Jadi bukanlah merupakan suatu keharusan.

b. Fungsi printf()

Fungsi printf() merupakan fungsi yang umum dipakai untuk menampilkan suatu keluaran pada layar peraga. Untuk menampilkan tulisan
Selamat belajar bahasa C
misalnya, pernyataan yang diperlukan berupa:
printf(“Selamat belajar bahasa C”);
Pernyataan di atas berupa pemanggilan fungsi printf() dengan argumen atau parameter berupa string. Dalam C suatu konstanta string ditulis dengan diawali dan diakhiri tanda petik-ganda (“). Perlu juga diketahui pernyataan dalam C selalu diakhiri dengan tanda titik koma (;). Tanda titik koma dipakai sebagai tanda pemberhentian sebuah pernyataan dan bukanlah sebagai pemisah antara dua pernyataan.

Tanda \ pada string yang dilewatkan sebagai argumen printf() mempunyai makna yang khusus. Tanda ini bisa digunakan untuk menyatakan karakter khusus seperti karakter baris-baru ataupun karakter backslash (miring kiri). Jadi karakter seperti \n sebenarnya menyatakan sebuah karakter. Contoh karakter yang ditulis dengan diawali tanda \ adalah:

\” menyatakan karakter petik-ganda
\\ menyatakan karakter backslash
\t menyatakan karakter tab

Dalam bentuk yang lebih umum, format printf():
printf(“string kontrol”, daftar argumen);
dengan string kontrol dapat berupa satu atau sejumlah karakter yang akan ditampilkan ataupun berupa penentu format yang akan mengatur penampilan dari argumen yang terletak pada daftar argumen.

Mengenai penentu format di antaranya berupa:
%d untuk menampilkan bilangan bulat (integer)
%f untuk menampilkan bilangan titik-mengambang (pecahan)
%c untuk menampilkan sebuah karakter
%s untuk menampilkan sebuah string

Contoh program:
#include <stdio.h>
main(){
    
    printf(“No : %d\n”, 10);
    printf(“Nama : %s\n”, “Ali”);
    printf(“Nilai : %f\n”,80.5);
    printf(“Huruf : %c\n”,‘A’);

}

Pengenalan Praprosesor #include

#include merupakan salah satu jenis pengarah praprosesor (preprocessor directive). Pengarah praprosesor ini dipakai untuk membaca file yang di antaranya berisi deklarasi fungsi dan definisi konstanta. Beberapa file judul disediakan dalam C. File-file ini mempunyai ciri yaitu namanya diakhiri dengan ekstensi .h. Misalnya pada program #include <stdio.h> menyatakan pada kompiler agar membaca file bernama stdio.h saat pelaksanaan kompilasi. Bentuk umum #include:
 #include “namafile”
Bentuk pertama (#include) mengisyaratkan bahwa pencarian file dilakukan pada direktori khusus, yaitu direktori file include. Sedangkan bentuk kedua (#include “namafile”) menyatakan bahwa pencarian file dilakukan pertama kali pada direktori aktif tempat program sumber dan seandainya tidak ditemukan pencarian akan dilanjutkan pada direktori lainnya yang sesuai dengan perintah pada sistem operasi.

Kebanyakan program melibatkan file stdio.h (file-judul I/O standard, yang disediakan dalam C). Program yang melibatkan file ini yaitu program yang menggunakan pustaka I/O (input-output) standar seperti printf().


Komentar dalam Program

Untuk keperluan dokumentasi dengan maksud agar program mudah dipahami di suatu saat lain, biasanya pada program disertakan komentar atau keterangan mengenai program. Dalam C, suatu komentar ditulis dengan diawali dengan tanda /* dan diakhiri dengan tanda */. Contoh:
/* Tanda ini adalah komentar
untuk multiple lines
*/

#include <stdio.h>
main(){
    
    printf(“Coba\n”); //Ini komentar satu baris

}



Perlu diingat, agar anda bisa memprogram atau menuliskan kode, Anda harus memerlukan namanya compiler, tanpa compiler Anda tidak akan menghasilkan program apa-apa. Dan compiler sendiri ada banyak jenis. Ada yang untuk pemrograman console dan pemrograman visual.

Dalam tutorial bahasa C sekarang dan kedepannya, saya menggunakan compiler untuk bahasa pemrograman C, dimana saya menggunakan Dev-C++. Untuk cara penggunaannya baca artikel Panduan Lengkap Install Compiler Dev-C++.

Mudah-mudahan artikel tentang Pengenalan Pemrogaman Bahasa C ini dapat memberi gambaran sekilas tentang bahasa C. Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat :)

"Setiap teknologi memiliki resiko yang dapat menghancurkan kehidupan. Tapi kita juga memerlukan teknologi tersebut untuk membangun kehidupan yang lebih baik."

Related Posts

Previous
Next Post »
Load comments

Ketentuan Komentar !!!
------------------------------
1. Komentar sesuai dengan artikel di atas
2. Komentar SPAM otomatis di blokir dan tidak akan dimunculkan
3. Komentar meninggalkan link aktif otomatis terhapus
4. Berkomentar dengan etika

Terima kasih atas komentarnya, semoga postingan di atas bermanfaat :)